Minggu, 10 Desember 2017

MEMBUAT WEBLOG PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS.COM


APA ITU BLOG ATAU WEBLOG

Blog merupakan kependekan dari Weblog, berasal dari kata Web dan Log. Dikenalkan pertama kali oleh Jorn Barger pada bulan Desember 2007. Weblog diartikan sebagai sebuah web yang diupdate secara kontinyu atau terus menerus dan memuat berbagai link ke website lain yang dianggap menarik dan memungkinkan orang untuk saling memberi komentar pada setiap halaman web yang ditampilkan.

Weblog sudah berkembang sedemikian pesat sebagai media sharing, informasi,  diskusi,  curhat  dan  bertukar  ilmu  pengetahuan  antara  para Blogger (sebutan bagi para pemilik blog).   Isi blog sendiri berkembang sedemikian cepat sehingga tidak hanya berbentuk teks, tapi sudah dapat berupa  gambar,  multimedia  (video),  share  files  atau  dokumen  dalam berbagai format, serta informasi-informasi popular dan ilmiah.

Sebenarnya   awal   kemunculannya,   blog   merupakan   media   yang sangat personal seperti halnya diary online, hanya seiring perkembangan maka blog sudah bukan merupakan rahasia lagi bahkan cenderung dibuat untuk  dibaca  oleh  orang  lain.  Sehingga  tak  heran,  bahwa  blog  menjadi pilihan  berbagai  orang  untuk  memberikan  informasi  kepada  orang  lain
melalui media web.









BLOG UNTUK PERPUSTAKAAN?

Dulu sebelum internet dan teknologi web belum semaju sekarang ini. Untuk membuat sebuah halaman web agar dapat dilihat oleh orang lain membutuhkan banyak sekali resources. Terutama sumber daya yang mampu menguasai bahasa pemrograman web. Namun saat ini, membuat web adalah perkara mudah dan dapat dilakukan oleh setiap orang. Orang sudah tidak lagi dituntut untuk menguasai program atau bahasa pemrograman tertentu yang itu membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya. Nah, tentu ini juga membawa dampak positif bagi perpustakaan sebagai information dan knowledge center bagi masyarakat. Perpustakaan sekarang lebih mudah untuk berbagi informasi dengan pengguna atau masyarakat umum, hanya cukup dengan memanfaatkan fasilitas blog atau weblog yang tersedia di internet.

Nah, sebetulnya kemampuan atau modal apa yang perlu dimiliki untuk dapat membuat sebuah web blog? Ada beberapa modal dasar yang harus dimiliki, yakni:

1.   Kemampuan untuk mengakses internet melalui Browser (seperti internet explorer, opera, mozilla firefox, dan thunderbird), termasuk tentunya koneksi internet.

2.   E-mail Address untuk keperluan pendaftaran

3. Mendaftar  melalui  penyedia  layanan  blog  seperti  Blogger.com; Wordpress.com atau Multiply.com

4.   Sedikit kemampuan untuk memahami bahasa inggris

5.   Kreatifitas dan kemauan untuk belajar

Nah, jadi tidak perlu menjadi seorang programmer untuk membuat sebuah blog itu.   Bagi perpustakaan, paling tidak ada beberapa keuntungan dalam membuat weblog terutama dengan cukup mendaftar ke penyedia layanan blog, yakni :



1.   Gratis   alias   tidak   perlu   membayar   atau   membayar   orang   untuk membuatkan sebuah halaman web bagi perpustakaan

2.   Hosting gratis, tidak perlu membayar

3.   Tidak  perlu  belajar  pemrograman,  karena  program  untuk  pembuatan blog sudah disediakan oleh penyedia layanan dan sangat user friendly

4.   Perpustakaan  dapat  memberikan  informasi  kepada  pengguna  secepat mungkin

5.   Adanya  interaksi  antara  perpustakaan  dan  pengguna  perpustakaan melalui web blog.

6.   Weblog   akan   memberikan   kesempatan   kepada   orang   untuk   lebih mengetahui seluk beluk perpustakaan anda



CARA MEMBUAT BLOG DENGAN WORDPRESS

Nah, untuk kali ini anda akan belajar bagaimana membuat blog untuk perpustakaan dengan menggunakan salah satu penyedia layanan blog yakni WORDPRESS.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat blog melalui wordpress.

a.   Melakukan Pendaftaran / Membuat Account Blog

   Jalankan browser dan buka alamat http://www.wordpress.com








                                                




                          











































Tidak ada komentar:

Posting Komentar